Jumat, 10 Desember 2010

Teknik Belajar Matematika dengan Mudah & Menarik

Artikel kali ini saya posting berdasarkan keluhan  dari adik-adik kelas saya, yang mengatakan kalau belajar matematika itu susah. yaa sebagian besar siswa, menganggap Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya Anda membaca dan mempraktikkan teknik berikut, yang saya ambil dan edit dari jawaban terbanyak dari para tokoh-tokoh matematika..
1. Berpikir terbuka
Terbukalah terhadap gagasan-gagasan baru yang diberikan oleh guru Anda, baik itu ketika guru mengajar atau ketika berdiskusi dengan guru/siswa. Jangan berpikir sedikitpun bahwa itu sulit dan Anda membencinya.Jika anda mengatakan, Anda membenci matematika, maka ilmu dari matematika itu takkan pernah bisa terserap ke pikiran Anda.

2. Ajukan pertanyaan
Ajukan pertanyaan yang relevan terhadap materi yang diberikan oleh guru Anda. Jangan ragu-ragu dan malu untuk bertanya, karena Anda akan belajar sesuatu. Pertanyaan yang dipendam, hanyalah akan memenuhi pikiran Anda dan membuat Anda bingung nantinya dan bisa menjadi penyesalan. Jika Anda ragu untuk bertanya terhadap guru Anda, tanyalah terlebih dahulu kepada teman Anda.




3. Temukan cara yang menurut Anda mudah
Cara yang diberikan guru biasanya sedikit membuat Anda bingung dan caranya cukup berbelit-belit. Cobalah Anda selesaikan dengan cara/gaya bahasa Anda sendiri. Ingat setiap masalah pasti ada solusi. Jalan untuk sampai solusi ada banyak. Selama hasil yang diperoleh sama, saya kira tidak ada masalah.
4. Analisislah soal dengan cermat, temukan mana yang kurang
Dalam menyelesaikan soal, sebaiknya jangan terburu-buru atau banyak langkah yang Anda lewati. Cepat boleh, tetapi Anda juga harus cermat. Anda bisa mengerjakan dengan cepat, tetapi tidak teliti, semua itu akan menjadi mustahil. Selalulah berpikit positif, bahwa Anda bisa menyelesaikannya.

Good Luck

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com